Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penilaian formatif dan memberikan umpan balik serta tindak lanjut dalam proses pembelajaran PAI di SMP Al-Azhar Mandiri Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan penilaian formatif dalam proses pembelajaran PAI terlaksana dengan baik, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengolahan, dan pelaporan. Hambatan yang dirasakan antara lain faktor waktu, perbedaan karakteristik, dan kurangnya kompetensi siswa dalam beberapa aspek penilaian. Umpan balik yang diberikan bersifat verbal, baik secara individu maupun kelompok, yang mengandung unsur perhatian, pujian, klarifikasi, dan saran. Dari segi proses, umpan balik yang diberikan sudah cukup efektif karena terfokus pada tujuan, tepat waktu, spesifik, dan dilakukan secara profesional, namun belum sepenuhnya memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa.
Copyrights © 2024