Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 7 No. 2 (2025): Badaa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Peran Guru Dalam Mengoptimalkan Budaya Literasi Pada Siswa Kelas V UPTD SDI Malamude

Wea, Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam mengoptimalkan budaya literasi pada siswa kelas V UPTD SDI Malamude. Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SDI Malamude. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V UPTD SDI Malamude. Objek penelitian ini adalah analisis peran guru dalam mengoptimalkan budaya literasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru memiliki peran penting dalam kegiatan literasi diantaranya adalah menyiapkan fasilitas pojok baca dan rekomendasi buku. Selain itu, peran guru dalam mengoptimalkan budaya literasi pada siswa kelas V UPTD SDI Malamude, guru juga berperan sebagai motivator yang memberikan motivasi agar dapat mengoptimalkan budaya literasi siswa. Guru juga dapat bertindak sebagai dinamisator, konselor dan juga evaluator. Hal ini dilakukan guru agar dapat mengoptimalkan budaya literasi siswa kelas V UPTD SDI Malamude.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

badaa

Publisher

Subject

Education Other

Description

Badaa: Jurnal Pendidikan Dasar terbit sebagai sarana publikasi hasil pemikiran kritis dan ilmiah bagi semua kalangan dalam lingkup pendidikan dasar yang berisi gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis serta hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah dasar. ...