Pendahuluan: Penelitian ini dilandaskan hasil observasi awal yang menunjukkan bahwa terjadi penurunan jumlah pasien kategori non-BPJS di tahun 2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap secara empiris pengaruh fasilitas pelayanan dan pemasaran media sosial terhadap loyalitas pasien dengan kepercayaan sebagai variabel intervening. Metode: Jenis penelitian termasuk dalam kuantitatif dengan desain cross sectional study. Populasi yang digunakan adalah pasien rawat jalan Non-BPJS. Teknik sampling menggunakan nonprobability, dengan perhitungan yang mengalikan jumlah indikator dengan 5 kali observasi, sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 185 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan metode analisa menggunakan analisa three box method serta PLS-SEM dengan bantuan program Smart-PLS. Hasil dan Pembahasan: Hasil analisa membuktikan bahwa fasilitas pelayanan dan pemasaran sosial media berpengaruh terhadap loyalitas pasien dengan kepercayaan sebagai variabel intervening. Fasilitas pelayanan dan pemasaran sosial media berpengaruh terhadap kepercayaan. Kesimpulan: Fasilitas pelayanan, pemasaran sosial media dan kepercayaan berpengaruh terhadap loyalitas pasien, dan kepercayaan merupakan variabel dominan yang mampu meningkatkan loyalitas pasien.
Copyrights © 2025