MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika
Vol. 10 No. 1 (2025): MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika

Analysis of Errors of Grade VIII Students in Solving Minimum Competency Assessment (AKM) Questions Based on Newman's Theory

Anunut, Ardi Plasidus (Unknown)
Bete, Hendrika (Unknown)
Salsinha, Cecilia Novianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII SMP Negeri Fatumfaun dalam menyelesaikan soal AKM berdasarkan teori Newman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripsi kualitatif, yang dilakukan pada siswa kelas VIII A SMP Negeri Fatumfaun yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen tes terdiri dari 3 butir soal AKM Numerasi yang telah di validasi. Teknik analisis data digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Jenis kesalahan siswa dianalisis menggunakan metode Newman, yaitu 1) kesalahan memahami, 2) Kesalahan transformasi, 3) kesalahan keterampilan proses, dan 4) kesalahan penulisan jawaban akhir. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan yang menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan pada tahapan-tahapan Newman, yaitu kesalahan memahami sebesar 53,62%, kesalahan transformasi sebesar 65,21%, kesalahan keterampilan proses sebesar 71,01%, dan kesalahan menuliskan jawaban akhir 72,46%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika menerbitkan hasil penelitian yang original, dan atau naskah kajian teoritis dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, tentang masalah terkini, yang dilakukan oleh: (1) Pengajar di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, serta Perguruan Tinggi, (2) ...