ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 5 No. 1 (2025): April

Optimalisasi Strategi Digital Marketing Melalui Konten Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Kopi

Hamidah, Siti Nazwa (Unknown)
Azzahra, Siti Nurhaliza (Unknown)
Ramadhan, Hilman Cahya (Unknown)
Munawar, Wildan (Unknown)
Alhifni, Anas (Unknown)
Yulianingsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2025

Abstract

Di era digital saat ini, pemasaran digital memegang peranan penting untuk pengembangan usaha, termasuk bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Menggunakan platform media sosial seperti Instagram dapat menjadi pendekatan yang efektif untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk mengoptimalkan strategi pemasaran Kopi BUJAL melalui konten Instagram, yang akan meningkatkan jangkauan pemasaran, kapasitas produksi, dan keterampilan pengelola dalam memanfaatkan media sosial. Metode pelaksanaan pengabdian ini meliputi pendekatan partisipatif, kelompok, dan individual, dengan tahapan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan yang dilakukan antara lain sosialisasi penggunaan Instagram untuk pemasaran, demonstrasi hasil penggunaan digital marketing, pendampingan berkala dalam pembuatan konten menarik (termasuk penggunaan aplikasi Canva dan Capcut, penulisan caption dengan metode PAS (Problem, Agitate, Solution), dan penggunaan hastag, serta evaluasi dan pemantauan. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan peningkatan aktivitas dan efektivitas penggunaan akun Instagram Kopi BUJAL dalam mempromosikan produk. Jangkauan pasar Kopi BUJAL meluas ke wilayah seperti Bekasi, Tangerang, Magelang, Purwakarta, Yogyakarta, dan Bangka Belitung. Dengan mengoptimalkan strategi digital marketing melalui konten Instagram, jangkauan pemasaran dan potensi penjualan Kopi BUJAL dapat meningkat, terutama dalam menghadapi persaingan ketat di pasar kopi modern.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

almujtamae

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat | ISSN 2809-347X (Online) | is an official journal published by the Faculty of Islamic Economics, Djuanda University, Bogor as a medium for disseminating, exchanging information and communication carried out by devotees as a result of community service ...