Sebagian besar UMKM di Desa Wates Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor memiliki identitas usaha, tetapi kurang kreatif dan belum memanfaatkan teknologi sebagai media promosi. Tujuan pendampingan adalah untuk meningkatkan branding produk melalui pembuatan logo, label, inovasi kemasan, serta pengelolaan media sosial. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif dan kolaboratif, yang melibatkan pelaku UMKM secara aktif dalam identifikasi masalah, pelatihan, implementasi, dan evaluasi. Pelatihan diberikan untuk meningkatkan keterampilan menggunakan perangkat lunak untuk menciptakan desain promosi yang menarik. Hasil pendampingan menunjukkan peningkatan signifikan pada UMKM yang kini memiliki logo, kemasan kreatif, dan media sosial sebagai sarana promosi. Pendampingan ini tidak hanya membantu meningkatkan daya saing produk, tetapi juga menjadi solusi dalam pemberdayaan ekonomi lokal dengan mengoptimalkan potensi UMKM melalui branding dan teknologi digital.
Copyrights © 2025