caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 5 No. 1 (2025): Juni 2025

IMPLEMENTASI KUIS INTERAKTIF BAAMBOOZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR

Romadhoni, Alifvia Novita Putri (Unknown)
Santia, Ika (Unknown)
Hermawan, Tanto (Unknown)
Anjayani, Ririn (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2025

Abstract

Rendahnya hasil belajar kognitif IPAS kelas IV-B dibuktikan dari hasil tes tulis yang belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan kuis interaktif baamboozle untuk meningkatkan hasil belajar kognitif IPAS pada siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan PTK. Penelitian ini dilakukan di SDN Banjaran 4 dengan subjek penelitian kelas IV-B sebanyak 30 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes tulis, observasi dan catatan lapangan. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil belajar kognitif pada siklus I memperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal sebanyak 30%. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus II sebesar 53,3%. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kuis interaktif baamboozle dapat meningkatkan hasil belajar kognitif IPAS siswa kelas IV-B di SDN Banjaran 4. Penerapan kuis interaktif baamboozle dapat digunakan sebagai alternatif bagi guru untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

caxra

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Artikel di caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar IPI Garut harus mengikuti fokus dan ruang lingkup jurnal ini. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini dimaksudkan agar artikel tersaji sesuai bidang keahliannya. Adapuan fokus dan ruang lingkup tersebut diantaranya adalah: Penelitian Pendidikan Dasar ...