caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 5 No. 1 (2025): Juni 2025

KONTRIBUSI MAHASISWA PGSD DALAM PENGUATAN KESADARAN MULTIKULTURAL DI MASYARAKAT MELALUI PRAKTIK EDUKATIF

Putri, Dinda (Unknown)
Yunus, Mahmud (Unknown)
Luthfiyah, Aqilah (Unknown)
Kristoper, Pamuji (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji peran mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dalam membentuk kesadaran multikultural di masyarakat melalui pendekatan edukatif dan praktik langsung. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan subjek mahasiswa PGSD semester akhir yang mengikuti program Kampus Mengajar dan Praktik Kerja Mengajar (PKM) di lingkungan multikultural. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa mahasiswa berkontribusi dalam menanamkan nilai toleransi, gotong royong, dan keberagaman melalui interaksi sosial, pengembangan materi ajar multikultural, serta penciptaan lingkungan belajar inklusif. Meskipun menghadapi tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan resistensi lingkungan, mahasiswa menunjukkan adaptabilitas dan inisiatif tinggi. Temuan ini menegaskan peran strategis mahasiswa PGSD sebagai agen perubahan sosial yang mendukung penguatan nilai-nilai multikultural di masyarakat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

caxra

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Artikel di caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar IPI Garut harus mengikuti fokus dan ruang lingkup jurnal ini. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini dimaksudkan agar artikel tersaji sesuai bidang keahliannya. Adapuan fokus dan ruang lingkup tersebut diantaranya adalah: Penelitian Pendidikan Dasar ...