Jurnal Didactical Mathematics
Vol. 7 No. 2 (2025)

Fenomena Salah Jurusan Terhadap Studi Mahasiswa pada Prodi Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Ibrahim, Malik (Unknown)
Waya, Nurul Izza (Unknown)
Aslam, Akhmad Hafiddin (Unknown)
Muhammad, Rosida Rakhmawati (Unknown)
Anggoro, Bambang Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2025

Abstract

Fenomena salah jurusan merupakan isu yang sering terjadi di perguruan tinggi, termasuk pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa salah memilih jurusan, menganalisis dampaknya terhadap motivasi belajar, serta mengetahui strategi adaptasi yang diterapkan oleh mahasiswa tersebut. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik purposive sampling, data diperoleh melalui wawancara mendalam terhadap tiga mahasiswa semester 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama yang menyebabkan salah jurusan meliputi prospek kerja yang menjanjikan, pengaruh keluarga atau guru, dan kurangnya pemahaman tentang kurikulum. Salah jurusan berdampak pada rendahnya motivasi belajar, kesulitan memahami materi, dan tekanan psikologis. Mahasiswa beradaptasi dengan belajar ekstra dan berdiskusi dengan teman untuk mengatasi tantangan ini. Temuan penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi terhadap pengembangan sistem bimbingan karier dan akademik yang lebih efektif di perguruan tinggi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

dm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The scope of scientific articles that can be published in Jurnal Didactical Mathematics are as follows: Mathematics Education and Teaching, Method / Model / Strategy for Learning Mathematics, Media and Multimedia Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in ...