Penelitian ini membahas perbandingan kesiapan belajar mahasiswa lulusan sekolah umum dan berbasis Islam pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Datokarama Palu. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah tedapat perbedaan kesiapan belajar mahasiswa lulusan sekolah umum dan berbasis Islam pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Datokarama Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Penelitian komparatif. Populasi penelitian ini terdiri dari mahasiswa angkatan 2024 Program Studi Pendidikan Agama Islam di UIN Datokarama Palu. Data dikumpulkan melalui kuisioner atau angket yang mengukur kesiapan belajar mahasiswa, dengan analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai kesiapan belajar mahasiswa lulusan sekolah umum adalah 73,26. Sedangkan mahasiswa lulusan sekolah berbasis Islam memiliki rata-rata 73,97. Hasil analisis statistik inferensial melalui uji Independent Sample t-test menghasilkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,663, yang lebih besar dari nilai probabilitas 0,05. Berdasarkan keputusan Uji Independent Sample t-test, Ho diterima dan Ha ditolak, yang berarti tidak ada perbedaan signifikan dalam kesiapan belajar antara mahasiswa lulusan sekolah umum dan berbasis Islam pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Datokarama Palu. Implikasi penelitian ini adalah agar mahasiswa dapat meningkatkan kesiapan belajarnya agar tujuan dari pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.
Copyrights © 2025