JURNAL PARADIGMA: Journal of Sociology Research and Education
Vol. 6 No. 1 (2025): (JUNI 2025) JURNAL PARADIGMA: Journal of Sociology Research and Education

Aturan Tiyang Sepuh: Perubahan Praktik Ritual dalam Tradisi Guwak-Guwakan di Dukuh Karangtengah

Aglena, Tabitha Sihe Aglena (Unknown)
Fajar, Fajar (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2025

Abstract

Ritual guwak-guwakan menjadi salah satu tradisi yang masih dilaksanakan oleh masyarakat Sragen, sebagai sarana tolak bala dalam pernikahan adat Jawa. Tiyang sepuh merupakan seseorang yang melaksanakan tradisi guwak-guwakan, dalam praktiknya tiyang sepuh mengalami perubahan dari yang awalnya beragam Islam menjadi Kristen, meskipun ditengah mayoritas masyarakat Islam. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil tiyang sepuh, mendeskripsikan prosesi, dan perubahan dalam pelaksanaan tradisi guwak-guwakan. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif bertujuan untuk memperoleh data informasi, penjelasan secara faktual langsung dari lapangan, kemudian dapat ditarik kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah masyarakat Dukuh Karangtengah, informan dalam penelitian ini yaitu informan kunci, informan utama, dan informan pendukung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, triangulasi dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil tiyang sepuh dalam penelitian ini cenderung fleksibel, artinya tiyang sepuh tidak selalu beragama Islam. Prosesi dilaksanakan dengan memasang pisang di empat penjuru rumah, menaruh takir mini di area dapur tempat memasak nasi dan tempat membuat minum, kemudian berkeliling dukuh untuk meletakkan takir. Perubahan yang terjadi pada tradisi guwak-guwakan yaitu penyederhanaan bahan yang digunakan, status agama tiyang sepuh, doa, dan respon masyarakat yang positif. Perubahan yang terjadi dalam penelitian ini bersifat fungsional atau bermanfaat bagi masyarakat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

paradigma

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

We welcome research articles, theoretical, policy reviews, or methodological reviews, to be submitted to our journals within the following research areas: Learning, Teaching and Educational Development Social Change, Cultural, and Community Development Rural and Urban Ecological Societies Family, ...