JURNAL PARADIGMA: Journal of Sociology Research and Education
Vol. 6 No. 1 (2025): (JUNI 2025) JURNAL PARADIGMA: Journal of Sociology Research and Education

Evaluasi Program Pelatihan Komputer Model CIPP Di LKP Widya Eduskill Kota Prabumulih

Carroline, Intan (Unknown)
Helmi, Henny (Unknown)
Sapitri, Erna Reta (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi program pelatihan komputer yang dilaksankan oleh Lembaga Kurusu Dan Pelatihan (LKP) Widya Eduskill di Kota Prabumulih menggunakan model CIPP (context, input, process danĀ  product). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini meliputi kepala LKP, instruktur, peserta didik pelatihan dan alumni peserta didik pelatihan. Hasil evaluasi pada aspek context menunjukkan bahwa program pelatihan komputer berlandaskan hukum yang jelas, relevan dengan kebutuhan peserta didik dan dunia kerja. Pada aspek input, ditemukan bahwa sumber daya manusia, sarana prasarana, dan sumber belajar sudah memadai namun masih perlu peningkatan di beberapa bagian. Evaluasi process menunjukkan bahwa pelaksanaan pelatihan berjalan sesuai rencana dan kurikulum berdasarkan acuan standar kompetensi kerja nasional Indonesia (SKKNI) , sedangkan pada aspek product, pelatihan memberikan dampak efek panjang terhadap peningkatan keterampilan peserta dan semua peserta berhasil mencapai kompetensi secara maksimal. Secara keseluruhan, program pelatihan komputer di LKP Widya Eduskill dinilai cukup efektif, namun disarankan untuk melakukan peningkatan pada aspek fasilitas dan evaluasi berkelanjutan agar kualitas program dapat terus ditingkatkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

paradigma

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

We welcome research articles, theoretical, policy reviews, or methodological reviews, to be submitted to our journals within the following research areas: Learning, Teaching and Educational Development Social Change, Cultural, and Community Development Rural and Urban Ecological Societies Family, ...