JURNAL PARADIGMA: Journal of Sociology Research and Education
Vol. 6 No. 1 (2025): (JUNI 2025) JURNAL PARADIGMA: Journal of Sociology Research and Education

Peran Moderasi Karakteristik Individu dalam Hubungan antara Kerja Sama Tim dan Komunikasi Internal terhadap Kinerja Karyawan PT X

Risnawati, Hesti (Unknown)
Nurhasan, Rohimat (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja karyawan dipengaruhi oleh kerja sama dan komunikasi internal, serta bagaimana sifat-sifat individu berfungsi sebagai faktor moderasi di PT X. Untuk menjelaskan hubungan sebab-akibat tersebut, teknik kuantitatif dengan menggunakan pendekatan kausalitas deskriptif merupakan metode penelitian yang digunakan. Sementara itu, seluruh personil PT X dijadikan sampel dengan menggunakan pendekatan sampel jenuh dan metode non-probability sampling. Metode analisis data penelitian ini menggunakan pendekatan Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan menggunakan 87 responden dan alat bantu Smart PLS 4.0. Kuesioner didistribusikan sebagai bagian dari proses pengumpulan data. Berdasarkan temuan penelitian, ditentukan bahwa komunikasi internal dan kerja sama tim secara signifikan dan positif mempengaruhi kinerja karyawan, dan bahwa sifat-sifat individu dapat memoderasi atau meningkatkan efek dari kedua faktor tersebut. Sifat-sifat individu memainkan efek moderasi dalam meningkatkan dampak kerja sama terhadap kinerja karyawan. Dampak komunikasi internal terhadap kinerja karyawan tidak dimoderasi oleh karakteristik individu. Penelitian ini menunjukkan bahwa kekompakkan akan meningkatkan kinerja karyawan dalam hal kuantitas. Kinerja karyawan juga akan ditingkatkan dengan komunikasi internal dan komunikasi vertikal yang dikembangkan secara efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

paradigma

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

We welcome research articles, theoretical, policy reviews, or methodological reviews, to be submitted to our journals within the following research areas: Learning, Teaching and Educational Development Social Change, Cultural, and Community Development Rural and Urban Ecological Societies Family, ...