UPY Business and Management Journal
Vol. 4 No. 2 (2025): UBMJ (UPY Business and Management Journal)

Pengungkapan Informasi Lingkungan Pada Perusahaan Consumer Goods Non-Cyclical

fachrunnisa, zidni (Unknown)
Oriza Sativa (Unknown)
Vidya Vitta Adhivinna (Unknown)
Yusrina Alyani Tamimi (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2025

Abstract

Tujuan: Perusahaan yang juga masih menjadi topik pembahasan akibat dampak operasi bisnis yang menjadi penyebab masalah lingkungan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Pengungkapan Informasi Lingkungan dalam Sustainability Report pada industri Consumer Good Non-Cyclical yang terdaftar di BEI Tahun 2021-2022. Metodologi: Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan Consumer Good yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dengan kriteria yakni Perusahaan yang mengungkapkan laporan tahunan dan menggunakan mata uang rupiah pada laporan keuangan. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan SPSS. Temuan: Profitabilitas berpengaruh pada pengungkapan lingkungan Sustainability Report. Hal ini menunjukkan bahwa Perusahaan yang mampu menghasilkan laba yang lebih besar maka semakin tinggi juga tingkat penyampaian informasi yang akan di ungkapkan oleh perusahaan terlebih dalam mengungkapkan laporan lingkungannya. Sedangkan, Dewan komisaris dan komite audit tidak berpengaruh terhadap pengungkapan lingkungan Sustainability Report. Orisinalitas: Penelitian pengungkapan informasi lingkungan telah dilakukan, namun belum ada penelitian yang meneliti Perusahaan consumer good non-cyclical. Keterbatasan Penelitian:  Keterbatasan penelitian ini yakni variable independen yang digunakan hanya memiliki pengaruh terhadap pengungkapan informasi lingkungan sebesar 3,5%. Sehingga, diharapkan penelitian berikutnya menambahkan variable independen lain seperti jumlah rapat dewan komisaris dan juga menambahkan tahun penelitian. Keterbatasan lainnya yakni, justifikasi pengungkapan informasi keuangan menggunakan analisis konten yang mana terbatas pada subjektifitas peneliti. Implikasi Praktis:  Perusahaan yang memiliki profitabilitas yang tinggi yang dilihat dari ROA nya, mengungkapkan lebih banyak informasi lingkungan sebagai bentuk komunikasi mereka terhadap stakeholder yang lebih banyak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ubmj

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

UBMJ (UPY Business and Management Journal) is a peer-reviewed journal published two times a year (January and July) by Department of Management, Faculty of Business, Universitas PGRI Yogyakarta. UBMJ is intended to be the journal for publishing articles reporting the results of research on business ...