Menjadi wirausaha memiliki tujuan yang beragam salah satunya dengan memanfaatkan peluang usaha yang ada. Mengembangkan bisnis melalui kesempatan yang ditemui dan merubahnya menjadi sebuah usaha dapat ditemukan melaui pengalaman hidup. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan entrepreneurial opportunity pada pengusaha muda owner Sanjai Dul. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan wawancara mendalam pada owner Sanjai Dul. Hasil penelitian ini menemukan duabelas konsep entrepreneurial oportunity yang terdiri dari tiga kategori. Kategori pertama sumber perilaku entrepreneurial opportunity terdiri dari konsep pengalaman, kerja keras, relasi dan hobi. Kategori kedua penerapan perilaku entrepreneurial opportunity terdiri dari konsep mengurangi resiko, melakukan inovasi, kemampuan marketing, kemampuan menganalisis peluang, dan kemampuan diferensiasi. Kategori ketiga penemuan entrepreneurial opportunity usaha yang dijalani mencakup konsep latar belakang usaha, prinsip berwirausaha dan tantangan berwirausaha.
Copyrights © 2025