Metode pembayaran dipengaruhi oleh pertumbuhan e-commerce yang sangat pesat. Uang elektronik, yang pasti ada dalam teknologi, juga dapat digunakan sebagai pembayaran tanpa tunai. Salah satu sistem pembayaran adalah Paylater. Paylater adalah pembayaran dengan cara hutang; mereka melakukan pembayaran tanpa harus dilunasi secara langsung, tetapi mereka dapat dibayar dengan angsuran bulanan dengan bunga. Generasi Z menyukai paylater karena sangat praktis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana literasi dan perilaku keuangan digital memengaruhi keputusan untuk menggunakan paylater, menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk mendapatkan data dari survei dan kuesioner yang dibagikan kepada 80 responden penelitian. Hasil pengolahan data menggunakan SPSS menunjukkan bahwa literasi keuangan tidak mempengaruhi keputusan untuk menggunakan paylater; namun, perilaku keuangan digital mempengaruhi keputusan untuk menggunakan paylater.
Copyrights © 2025