Pelaksanaan evaluasi berorientasi kompetensi dalam konteks pengajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTsN 1 Kota Bima dirancang untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan berfokus pada penilaian komprehensif kompetensi siswa, yang mencakup dimensi moral dan etika. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian studi kasus, analisis deskriptif merupakan jenis penelitian yang digunakan. Analisis deskriptif merupakan jenis penelitian langsung yang mengamati gejala atau fenomena tertentu yang ada di dunia nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses iniĀ  digambarkan menjadi tiga fase yang berbeda yakni perencanaan strategis, pelaksanaan, dan penilaian, di mana guru menyusun modul pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum mandiri. Terlepas dari hambatan yang dihadapi selama pelaksanaannya, termasuk keterbatasan temporal dan pemilihan kegiatan yang terbatas, asesmen ini memberikan manfaat yang signifikan baik bagi akademisi dengan memberikan umpan balik yang membangun bagi guru dan peserta didik maupun bagi masyarakat luas dengan mencetak generasi yang lebih bermoral dan memiliki kapasitas untuk menerapkan prinsip-prinsip Islam dalam keberadaanya sehari-hari. Akibatnya, asesmen berbasis kompetensi diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan moral peserta didik dan relevansi pendidikan agama dalam konteks modern.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025