Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran penting dalam membentuk akhlakul karimah siswa, tidak hanya melalui pengajaran pengetahuan agama, tetapi juga dengan memperbaiki pendidikan akhlak yang diterima siswa dari keluarga dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru PAI dalam membentuk akhlakul karimah siswa serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya di MA Darul Ma’arif Payaman Solokuro, Lamongan. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta divalidasi menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, waka kesiswaan, guru akidah akhlak, guru Al-Qur'an-Hadits, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI berperan sebagai pendidik, motivator, pengarah, dan evaluator dalam membentuk akhlakul karimah siswa. Faktor pendukung meliputi kerja sama orang tua, sarana prasarana, buku absensi, dan kegiatan keagamaan. Adapun faktor penghambatnya adalah pengaruh penggunaan handphone dan lingkungan luar
Copyrights © 2025