Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 6 No. 1 (2025): Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika

Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Pembuktian Matematis pada Mata Kuliah Teori Bilangan

Ammamiarihta, Ammamiarihta (Unknown)
Harahap, Sri Rahma Yani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kesulitan mahasiswa dalam pembuktian matematis pada mata kuliah Teori Bilangan. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 orang mahasiswa yang mewakili masing-masing kategori tingkat kemampuan matematikanya. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan melakukan tes, wawancara dan observasi terhadap subjek penelitian. Tahapan analisis Miles daan Huberman yang dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kesulitan mahasiswa berkemampuan tinggi adalah kesulitan dalam menyusun pembuktian dalam urutan yang sistematis; (2) Kesulitan mahasiswa berkemampuan sedang adalah kurangnya pemahaman dalam menentukan metode yang tepat untuk pembuktian, keterbatasan dalam menafsirkan pernyataan, kurang dalam memahami konsep pembuktian dan tidak mampu menentukan langkah yang relevan dengan kesimpulan serta kecemasan dan persepsi negatif terhadap pembuktian matematis; (3) Kesulitan mahasiswa berkemampuan rendah  yaitu tidak memiliki pemahaman tentang pembuktian matematis, tidak memahami perbedaan antara defenisi, sifat, ataupun teorema dan tidak dapat mengkonstruksi proses pembuktian matematis, serta persepsi negatif dan daya juang yang rendah juga menyulitkan mahasiswa melakukan pembuktian matematis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JFi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika berisi artikel-artikel mengenai pendidikan matematika yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Naskah berupa diseminasi hasil penelitian yang dihasilkan oleh ahli, ilmuwan, praktisi, dan mahasiswa dalam bidang Pendidikan Matematika ...