Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 4 No. 2 (2024): Pengabdian untuk Peningkatan Pemahaman Masyarakat

EDUKASI PENGEMBANGAN UMKM GUNA MENINGKATKAN PROFITABILITAS MASYARAKAT DESA MARGALUYU

Novianti Putri, Sri (Unknown)
Rizal Munir, Dede (Unknown)
Irvi Nurul Husna, Ade (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2024

Abstract

Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) telah diakui sebagai salah satu motor utama pertumbuhan ekonomi lokal di banyak negara, termasuk di tingkat desa. Dalam konteks desa, UMKM seringkali menjadi tulang punggung ekonomi, menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan, dan memperkuat jaringan sosial serta budaya. Namun, untuk memaksimalkan potensi UMKM dalam meningkatkan profitabilitas desa, diperlukan upaya nyata dalam edukasi dan pengembangan keterampilan bagi para pemilik usaha di tingkat lokal. Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam pengembangan ekonomi lokal, terutama di wilayah pedesaan. Desa-desa seringkali menjadi tempat bersemayamnya beragam potensi ekonomi lokal yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun, UMKM di tingkat desa sering menghadapi berbagai tantangan, seperti keterbatasan akses terhadap modal, keterampilan manajerial yang terbatas, serta kurangnya pengetahuan tentang pasar dan teknologi. Edukasi dan pengembangan keterampilan menjadi kunci untuk mengatasi tantangan tersebut dan meningkatkan profitabilitas UMKM di desa. Dengan meningkatkan kapasitas pemilik usaha dan pelaku ekonomi lokal, diharapkan UMKM dapat lebih kompetitif, berdaya saing, dan mampu memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap pertumbuhan ekonomi desa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

AP

Publisher

Subject

Other

Description

Abdi Pandawa- Community Service Journal is managed by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP) UNIS Tangerang . This journal accommodates community service article and students’ research article. This journal contains articles of community service with the scope Education for Sustainable ...