Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran literasi matematika dalam pengambilan keputusan yang berwawasan lingkungan di kalangan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, yang memungkinkan peneliti untuk memahami fenomena yang terjadi dalam konteks pendidikan. Sumber data utama terdiri dari wawancara dengan guru matematika, observasi kegiatan pembelajaran, dan analisis dokumen seperti modul ajar dan hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan secara tematik untuk mengidentifikasi pola dan tema yang muncul dari data yang terkumpul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga sub yang dibahas yakni 1) Implementasi Literasi Matematika dalam Konteks Pengambilan Keputusan Lingkungan, 2) Peran Literasi Matematika dalam Meningkatkan Kesadaran dan Tanggung Jawab Lingkungan, 3) Tantangan dan Strategi dalam Mengintegrasikan Literasi Matematika dan Pendidikan Lingkungan. Ketiga sub tersebut telah diperinci pada bagian pembahasan.
Copyrights © 2025