Meningkatnya angka kematian akibat penyakit kardiovaskular telah meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjalani gaya hidup sehat. Tren ini mendorong industri pangan untuk memproduksi makanan maupun minuman yang lebih sehat. Serbuk Minuman Tempe (SMT) merupakan salah satu produk olahan tempe yang berpotensi menurunkan kadar kolesterol dan menjaga tekanan darah tetap normal. Akan tetapi, studi terkait persepsi konsumen terhadap manfaat kesehatan SMT masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi persepsi konsumen terhadap SMT dengan metode survei menggunakan instrumen kuesioner. Data dianalisis secara kuantitatif menggunakan statistik deskriptif untuk menggambarkan karakteristik dan persepsi konsumen. Analisis chi-kuadrat dan korelasi Rank Spearman digunakan untuk mengidentifikasi hubungan antara karakteristik responden dan variabel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan persepsi konsumen terhadap SMT sangat positif, ditandai dengantingginya minat konsumen untuk mencoba serta kesediaan mereka membayar lebih mahal untuk produk tersebut. Responden juga menyukai atribut rasa, aroma, tekstur, dan warna SMT, serta menilai sertifikasi produk sebagai aspek yang sangat penting. Karakteristik umur memiliki hubungan positif dengan minat mencoba produk SMT (Rs=0,171). Tingkat pendidikan berhubungan positif dengan preferensi tempat pembelian (Rs=0,171), sementara tingkat pengetahuan berhubungan positif dengan manfaat SMT (Rs=0,208). Selain itu, rentang pendapatan memiliki hubungan signifikan terhadap harga produk per kemasan (Rs=0,256). Hasil ini menunjukkan bahwa potensi pasar SMT yang menjanjikan sebagai produk kesehatan. The increasing mortality rate due to cardiovascular disease has raised public awareness of the importance of living a healthy lifestyle. This trend has encouraged the food industry to produce healthier food and beverages. Tempe Drink Powder (TDP) is a processed tempe product that can potentially lower cholesterol levels and maintain normal blood pressure. However, studies on consumer perceptions of TDP’s health benefits remain limited. This study aimed to evaluate consumer perceptions of TDP using a survey method with a questionnaire instrument. Data were analyzed quantitatively using descriptive statistics to describe consumer characteristics and perceptions. Chi-square analysis and Spearman’s Rank correlation were used to identify relationships between respondent characteristics and research variables. The results showed that consumer perception of TDP were positive, marked by high consumer interest and willingness to pay more for the product. Respondents also liked TDP’s taste, aroma, texture, and color attributes and considered product certification a highly important aspect. Age characteristics positively correlated with interest in trying TDP products (Rs = 0.171). Educational level was positively related to purchase place preference (Rs=0.171), while knowledge level was positively related to perceived benefits of TDP (Rs=0.208). In addition, income range had a significant relationship with product price per pack (Rs=0.256). These results indicated that the TDP market potential is promising as a health product.
Copyrights © 2025