Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 2 (2025): May

Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Papan Norma

Suciyati (Unknown)
Siti Istiningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 May 2025

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VC dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dengan topik norma-norma dalam kehidupanku, melalui penggunaan media pembelajaran berupa Papan Norma di SD Negeri 2 Cakranegara. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap norma-norma dalam Pendidikan Pancasila. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan subjek penelitian sebanyak 27 siswa kelas VC di SD Negeri 2 Cakranegara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penngumpulan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran Papan Norma efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) selama proses pembelajaran. Pada siklus pertama, hanya 21 (79%) siswa yang mencapai KKM. Namun, pada siklus kedua, jumlah tersebut meningkat signifikan menjadi 26 (94%) siswa. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Papan Norma secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas VA SD Negeri 2 Cakranegara.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...