Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 2 (2025): May

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SDN 18 Ampenan

Hasanah, Nurul Yatun (Unknown)
Kusmiyati (Unknown)
Ria Hartini (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menerakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian tindakan kelas dilakukan pada peserta didik kelas V SD Negeri 18  Ampenan pada mata pelajaran Matematika.. Penelitian ini dilakukan karena hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik kelas V SD Negeri 18 Ampenan masih banyak di bawah KKTP dalam mata  pelajaran Matematika. Penelitian ini menerapkan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan menggunakan tekhnik pengumpulan data tes, komunikasi, wawancara dan observasi. Berdasarkan dari hasil penelitian yang sudah didapatkan menunjukkan hasil belajar peserta didik mendapatkan peningkatan yang cukup signifikan. Pada siklus I nilai persentase ketuntasan belajar adalah 75%, dan pada siklus II nilai persentase ketuntasan belajar peserta didik mengalami peningkatan menjadi 87,5%. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...