Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 2 (2025): May

Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Prestasi Belajar Melalui Penggunaan Media Interaktif Wordwall Siswa kelas 4B SDN 05 Cakranegara

Rosiana, Wiwik (Unknown)
I Made Sujana (Unknown)
Irwan Taufiqurrahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPAS melalui media interaktif Wordwall. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN 5 Cakranegara. Metode penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan 4 tahapan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data yang dilakukan pada siklus I dengan hasil skor 50,66% sedangkan siklus II dengan hasil skor 78,57%. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa keaktifan siswa dalam pembelajaran IPAS setelah diterapkan media Wordwall mengalami peningkatan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...