Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi lengkung melalui penerapan model PBL berbantuan media Geogebra pada siswa kelas IX SMPN 2 Mataram. Penelitian ini merupakan jenis penelian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari tiga pertemuan. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 38 orang siswa. Data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif yaitu; mencari rata-rata skor, median, varians, standar deviasi, dan ketuntasan belajar siswa. Dengan penggunaan model PBL berbantuan media Geogebra, hasil belajar dari siswa tersebut menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar secara klasikal pada siklus I dan Siklus II masing masing sebesar 52,63% dan 73,68%. Selain itu, nilai siswa setiap siklus juga mengalami peningkatan siklus 1 sebesar 74.63 dan siklus II sebesar 80.18. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning dengan bantuan geogebra dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IX SMPN 2 Mataram.
Copyrights © 2025