Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis etnosains alat transportasi cidomo dengan model Problem Based Learning (PBL) yang layak, praktis, dan efektif guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Subjek uji coba penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMAN 3 Mataram. Hasil validasi menunjukkan komponen e-modul berbasis etnosains alat transportasi cidomo dengan model PBL yang dikembangkan sangat layak dengan nilai validitas isi sebesar 0.92 pada kategori sangat valid. Hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa e-modul dikembangkan sangat praktis untuk digunakan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah. Hal ini terlihat dari data nilai kepraktisan keterlaksanaan pembelajaran sebesar 88.64, respon guru sebesar 81.59, dan respon peserta didik sebesar 81.10 dengan kategori sangat praktis. Hasil uji n-gain kemampuan berpikir kritis sebesar 0.85 dan kemampuan pemecahan masalah sebesar 0.77 dengan kriteria tinggi yang menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan e-modul berbasis etnosains alat transportasi cidomo dengan model PBL efektif. Berdasarkan tujuan dan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis etnosains ini sangat layak, sangat praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah peserta didik.
Copyrights © 2025