Motivasi internal kerja guru untuk menyelesaikannya masih terbilang rendah. Salah satu alasan yang mempengaruhi motivasi internal adalah komunikasi interpersonal antara kepala sekolah dan guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kepala sekolah memotivasi kerja guru di SMK Terpadu Yapisa Megamendung. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif dengan teknik informan kunci yaitu kepala sekolah dan informan pendukung yaitu guru. Data dikumpulkan melalui observasi langsung dan wawancara mendalam. kemudian Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, didukung oleh trianggulasi untuk validasi temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) komunikasi interpersonal kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi internal guru sudah berjalan meskipun terdapat kekurangan seperti belum adanya pelaksanaan komunikasi interpersonal secara terencana (2) Kepala sekolah sudah melakukan motivasi terhadap guru diantaranya melalui motivasi internal (dalam diri). Diketahui bahwa motivasi guru masih belum maksimal seperti motivasi guru yang belum meningkat sehingga guru kurang tekun dalam mengerjakannya. Hal ini perlu lebih ditegaskan lagi karena motivasi seorang guru dalam bekerja sangat penting dalam membantu tugas dan tanggung jawabnya sebagai pengajar.
Copyrights © 2025