Perkembangan teknologi kecerdasan buatan artificial intelligence (AI) telah sangat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan tinggi. Aplikasi seperti Grammarly, Chatgpt dan DeepL kini menjadi alat bantu paling popular dalam Menyusun tulisan. Namun, penelitian tentang penggunaan AI dalam pengajaran Bahasa inggris masih belum memadai. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi mahasiswa terhadap penggunaan AI dalam proses menulis serta dampaknya terhadap motivasi belajar dan kualitas tulisan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif desktriptif dengan data yang diperoleh dari 26 mahasiswa dan 4 guru melalui penyebaran kuisioner online. Hasil menunjukkan bahwa 72% mahasiswa merasa terbantu secara signifikan oleh AI, terutama dalam perbaikan struktur kalimat dan grammar. Namun, 59% responden juga mengakui bahwa mereka menjadi kurang percaya diri dalam menulis tanpa bantuan teknologi. Temuan tersebut menunjukkan bahwa mayoritas responden menggunakan AI untuk membantu dalam kemampuan menulis Bahasa inggris.
Copyrights © 2025