Kemampuan membaca dalam bahasa Inggris merupakan salah satu keterampilan esensial dalam pembelajaran bahasa asing. Seiring perkembangan teknologi, kecerdasan buatan Artificial Intelligence (AI) telah menawarkan berbagai solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, termasuk keterampilan membaca. Artikel ini membahas implementasi teknologi AI dalam pembelajaran reading bahasa Inggris di kalangan mahasiswa dan guru. Dengan pendekatan kualitatif, wawancara semi-terstruktur yang dilakukan terhadap 27 mahasiswa dan 8 guru. Hasil kajian menunjukkan bahwa AI, dapat melalui alat seperti Google Translate dan ChatGPT. Secara signifikan membantu dalam memahami teks, memperluas kosakata, dan memperbaiki tata bahasa. Meskipun terdapat tantangan seperti ketergantungan pada teknologi dan potensi kesalahan dalam terjemahan. Selain itu, responden mengakui bahwa AI memberikan kontribusi positif terhadap proses pembelajaran. Dengan demikian, integrasi AI dalam pembelajaran reading tidak hanya memperkaya metode pengajaran, tetapi juga mendukung pencapaian pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.
Copyrights © 2025