JPNM : Jurnal Pustaka Nusantara Multidisiplin
Vol. 3 No. 2 (2025): July : Jurnal Pustaka Nusantara Multidisiplin

Efektivitas Media Poster dalam Meningkatkan Pengetahuan Remaja Putri tentang Anemia

Zuhrina Aidha (Unknown)
Fairuz Zahra (Unknown)
Nabila Selfiana (Unknown)
Nadia Shalsabila (Unknown)
Lilis Karlina Boangmanalu (Unknown)
Siti Narisya (Unknown)
Yulia Rahmadani (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2025

Abstract

Anemia pada remaja putri masih menjadi permasalahan kesehatan yang cukup serius di Indonesia. Rendahnya kesadaran akan pentingnya asupan zat gizi, terutama zat besi, menjadi salah satu faktor penyebab utamanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media poster dalam meningkatkan pengetahuan remaja putri mengenai anemia. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang dilakukan di Desa Tuntungan, Kecamatan Pancur Batu. Informan terdiri dari dua remaja putri yang telah terdiagnosis anemia dalam enam bulan terakhir. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dan dianalisis menggunakan pendekatan tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media poster mampu menyampaikan informasi secara jelas dan menarik perhatian remaja. Poster dinilai mampu memperkuat pemahaman mengenai gejala, penyebab, dan upaya pencegahan anemia. Sebagian besar responden mengaku lebih memahami pentingnya gizi seimbang setelah melihat poster. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media poster efektif digunakan sebagai sarana edukasi kesehatan, terutama bila dipasang di tempat yang sering dilalui remaja. Penggunaan poster secara berkelanjutan berpotensi meningkatkan kesadaran remaja putri terhadap pentingnya pencegahan anemia melalui perubahan perilaku sehat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpnm

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

JPNM: Jurnal Pustaka Nusantara Multidisiplin is an open access journal, and a peer-reviewed journal. Our main goal is to disseminate current and original articles from academics, researchers and practitioners in the fields of Humanities and social sciences, Contemporary political science, Education ...