JPMA
Vol. 4 No. 1 (2025): JPMA Vol 4 No 1

STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DENGAN SOSIALISASI SERTIFIKASI HALAL BAGI UMKM DI KECAMATAN UMBUL SARI KABUPATEN JEMBER

Sudarsih, Sudarsih (Unknown)
Susanti Prasetiyaningtiyas (Unknown)
Diah Yulisetiarini (Unknown)
Aulia Nugraheni (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2025

Abstract

Sosialisasi sertifikat halal merupakan kegiatan penting untuk memastikan kehalalan produk yang beredar di masyarakat, khususnya bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang produknya ditujukan untuk konsumen Muslim. Sertifikasi halal bukan hanya menjamin kehalalan produk, tetapi juga meningkatkan kepercayaan konsumen, daya saing usaha, dan akses pasar yang lebih luas, baik di dalam maupun luar negeri. Sosialisasi sertifikat halal bertujuan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan pelaku usaha tentang pentingnya sertifikasi halal, menjamin kehalalan produk, dan meningkatkan kepercayaan konsumen, serta mempermudah akses pasar lokal dan global. Sosialisasi sertifikat halal merupakan investasi penting bagi pelaku usaha, khususnya UMKM, untuk meningkatkan kualitas produk, daya saing usaha, dan akses pasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPMA

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science

Description

JPMA Journal accepts articles in Indonesian and English that have not been published by other publication media. The accepted articles are evaluated based on its originality, actuality, and significant contribution towards the development of the sciences and practices of business, management, and ...