Pelajaran bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang harus diajarkan di sekolah dasar. Bahasa merupakan percakapan atau alat komunikasi dengan sesama manusia. bahasa merupakan alat komunikasi yang menjadi salah satu ciri khas bangsa Indonesia dan digunakan sebagai bahasa nasional. Hal ini yang merupakan salah satu sebab mengapa bahasa Indonesia diajarkan pada semua jenjang pendidikan, terutama di SD karena merupakan dasar dari semua pembelajaran. Metode ini menggunakan Jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas memiliki peran yang sangat penting untuk meningkatkan mutu pembelajaran yakni apabila di implementasikan secara baik dan benar. Subjek Penelitian ini dilakukan oleh siswa kelas V UPT SD inpres 12/79 Macope Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone, yang berjumlah 26 siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasan indonesia dengan penerapan metode Speed Reading Dan Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus yang dimana diadakan 2 kali pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, dan Tes. dari hasil penelitian Penerapan Metode Speed Reading Untuk Meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia bahwa kegiatan pada Pra Siklus 26 Orang Siswa terdapat 17 Siswa yang tidak tuntas dengan nilai 64% dan 9 orang siswa yang dinyatakan tuntas Dengan persentase ketuntasan 36% sehingga dinyatakan hasil tersebut belum memenuhi syarat ketuntasan yang ditetapkan. Dan Pada kegiatan siklus 1 terdapat 18 Siswa yang telah di kategorikan tuntas dan dengan nilai persentase ketuntasan 51% dan 8 siswa yang dinyatakan tidak tuntas dengan persentase tidak tuntas 49%. Maka penelitian dilanjutkan dengan tahap siklus II. Di tahap Siklus II terdapat hasil belajar siswa dengan diperoleh 23 siswa yang dengan dinyatakan tuntas dengan nilai 88% dan siswa yang tidak tuntas dengan persentase 12%.
Copyrights © 2025