ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan prototipe media pembelajaran multimedia yang efektif dan interaktif guna meningkatkan pemahaman identitas nasional pada siswa sekolah dasar. Dalam konteks globalisasi yang pesat, generasi muda Indonesia menghadapi tantangan dalam mempertahankan kebanggaan terhadap identitas nasional akibat pengaruh budaya asing. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model prototipe sebagai kerangka pengembangan. Proses penelitian melibatkan tahapan analisis kebutuhan, desain prototipe, implementasi, evaluasi, dan pengujian media pembelajaran berbasis multimedia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, mempermudah pemahaman terhadap nilai-nilai nasionalisme, serta memberikan pengalaman belajar yang menarik dan interaktif. Media pembelajaran ini dirancang dengan elemen visual dan audio yang relevan, mengintegrasikan kearifan lokal dan sejarah bangsa untuk memperkuat rasa bangga terhadap identitas nasional. Dengan demikian, penelitian ini berkontribusi pada upaya menciptakan generasi muda yang tidak hanya berprestasi secara akademis tetapi juga memiliki kesadaran dan kecintaan terhadap budaya serta identitas nasional Indonesia.
Copyrights © 2025