Penggunaan AI telah berkembang pesat. Dunia pendidikan pun ikut terpengaruh dengan adanya penggunaan AI dalam pembelajaran. Hal ini memberikan perhatian khusus terkait etika penggunaannya dan bagaimana ini berdampak kepada pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu lebih jauh bagaimana kesadaran guru SMK di Jawa Barat terhadap etika penggunaan AI. Terdapat pula kurikulum BMTI sebagai pembanding kurikulum standar yang telah dibuat oleh pemerintah. Metode penelitian yang digunakan adalah mix ed method menggabungkan data kuantitatif dari survey kuisioner kepada guru SMK serta analisis dokumen kurikulum BMTI. Pembahasan akan dilakukan dengan cara deskriptif baik untuk kualitatif maupun kuantiatif yang nantinya akan saling melengkapi data temuan. Berdasarkan hasil temuan, desain kurikulum yang telah ada serta survey yang dilakukan masih menunjukkan kurangnya kesadaran dalam etika penggunaan AI yang akan berdampak negatif. Sehingga, perlu dipertimbangkan adanya desain kurikulum yang memuat etika penggunaan AI untuk meningkatkan kesadaran pada guru SMK.
Copyrights © 2025