Media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dapat memberikan bantuan kepada guru dalam memperjelas materi pelajaran dan mengatasi keterbatasan ruang dan waktu, termasuk penggunaan Virtual Realitiy dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemamluan berpikir spasial siswa SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan media pembelajaran Virtual Reality terhadap kemampuan Berpikir spasial siswa. Desain penelitian yang dikenal dengan Matching Pretest- Posttest Control Group Design ini menunjukkan bahwa bahan eksperimen menjadi penelitian apabila memenuhi syarat perlakuan, yaitu menerima observasi dari individu yang tidak terlibat dalam eksperimen. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas XI IPS 2 dan IPS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran VR berdampak berfikir spasial yang akan mendapatkan nilai signifikan pada siswa. Mereka memperoleh Nilai signifikansi 2-tailed (dwi- pihak) dengan asumsi varian yang sama. di bawah 0,05, atau kemampuan berpikir spasial 0,001
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024