Pi: Mathematics Education Journal
Vol. 8 No. 1 (2025): April

Peran Dosen dan Dinamika Lingkungan Kelas dalam Meningkatkan Resiliensi Matematika Mahasiswa

Mandailina, Vera (Unknown)
Syaharuddin, Syaharuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran interaksi antara dukungan dosen dan lingkungan kelas terhadap ketahanan matematika siswa. Penelitian ini merupakan kualitatif dengan pendekatan systematic literature review. Sumber data dari basis data ilmiah meliputi Scopus, DOAJ, dan Google Scholar dengan memilih terbitan 10 tahun terakhir. Hasil sintesis pada 16 artikel yang sesuai kriteria kelayakan menunjukkan bahwa dukungan dosen yang efektif mencakup pembimbingan, perhatian terhadap kebutuhan siswa, dan responsif terhadap tantangan belajar akan memiliki dampak yang signifikan terhadap kemampuan siswa dalam mengatasi kesulitan dalam matematika. Di sisi lain, lingkungan kelas yang mendukung, empatik, dan inklusif memberikan dorongan besar bagi siswa untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang konsep matematika dan mengatasi kecemasan terkait pelajaran tersebut. Implikasi temuan ini adalah pentingnya perhatian yang lebih besar terhadap interaksi antara dukungan dosen dan lingkungan kelas dalam upaya meningkatkan ketahanan matematika siswa. Dengan memahami secara mendalam bagaimana kedua faktor tersebut saling berinteraksi, lembaga pendidikan dapat mengembangkan pendekatan pembelajaran yang lebih efektif untuk membantu siswa mengatasi tantangan dalam matematika dan mencapai keberhasilan dalam pelajaran tersebut.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pmej

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Pi: Mathematics Education Journal is issued as an academic journal and devoted to the publication of research papers in the field of mathematics education. Mathematics education should be interpreted to mean the whole field of human ideas and activities that could affect the teaching and learning of ...