Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra
Vol 8 No 1 Juni 2025

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kotak Cahaya Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD 091273 Karang Bangun

Manurung, Indah (Unknown)
Simarmata, Radode (Unknown)
Purba, Nancy Angelia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah bagi mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran light box berpengaruh terhadap hasil belajar IPA murid kelas V SD 091273 Karang Bangun. Dalam penelitian ini, X digunakan sebagai media pembelajaran kotak cahaya serta Y digunakan sebagai hasil belajar murid. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif serta sampel sebanyak 25 murid. Pengujian data menggunakan program SPSS 25, teknik analisis serta digunakan dalam pengujian ini terlebih dahulu dilakukan yaitu uji instrumen serta meliputi uji validitas serta reliabilitas, dilanjutkan serta uji tingkat kesukaran, uji daya pembeda serta terakhir uji hipotesis serta meliputi uji N-gain serta uji t. Uji N-gain menunjukkan angka 0,7-8 bagi nilai N-gain serta boleh digolongkan tinggi serta hasil presentase N-gain sebesar 7-8,9 % serta boleh digolongkan efektif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 serta boleh diartikan bahwa media pembelajaran lightbox mempunyai pengaruh serta signifikan terhadap hasil belajar IPA murid.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PENDISTRA

Publisher

Subject

Education Other

Description

Terbit dua kali setiap Tahunnya yaitu Periode I Juni dan Periode II Desember . Pendidikan Bahasa Indonesia & Sastra berisi artikel-artikel ilmiah yang meliputi kajian di bidang Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, Metode Pembelajaran, serta penelitian-penelitian lain yang terkait dengan ...