Pendidikan Islam memiliki peranan penting dalam membentuk generasi yang berkualitas dan berakhlak mulia. Dalam konteks ini, Azyumardi Azra, seorang ilmuwan Muslim asal Indonesia, mengembangkan sebuah konsep pendidikan Islam yang komprehensif dan relevan dengan kebutuhan zaman saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemikiran Azyumardi Azra mengenai pendidikan Islam yang menekankan pengembangan kemampuan berpikir sekaligus aspek spiritual, moral, dan sosial individu. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan analisis deskripsi berbasis studi literatur, menggunakan metode dokumentasi dan analisis isi data dari karya-karya Azyumardi Azra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyusunan kurikulum yang fleksibel dan inovatif, serta sinergi antara keluarga, masyarakat, dan institusi pendidikan merupakan kunci dalam menyiapkan individu yang cerdas dan berkarakter kuat. Studi ini menyoroti pentingnya integrasi antara ilmu agama dan pengetahuan umum sebagai solusi praktis menghadapi tantangan modernitas dan globalisasi yang mampu menghasilkan generasi yang bertanggung jawab dan mampu memberikan kontribusi positif bagi pembangunan bangsa dan peradaban manusia secara umum. Keunikan penelitian terletak pada penekanan terhadap aplikasi konsep Azyumardi Azra dalam pengembangan kurikulum yang adaptif, inovatif, dan relevan sehingga dapat menjadi model strategis dalam pendidikan Islam masa depan yang berorientasi pada keberlanjutan dan keunggulan kompetitif.Islamic education plays an important role in forming a quality and noble generation. In this context, Azyumardi Azra, a Muslim scientist from Indonesia, developed a comprehensive concept of Islamic education that is relevant to the needs of today's era. This study aims to explore Azyumardi Azra's thoughts on Islamic education that emphasizes the development of thinking skills as well as the spiritual, moral, and social aspects of individuals. The method used is qualitative research with descriptive analysis based on literature studies, using documentation methods and data content analysis from Azyumardi Azra's works. The results of the study indicate that the preparation of a flexible and innovative curriculum, as well as synergy between family, society, and educational institutions are the keys to preparing intelligent and strong-character individuals. This study highlights the importance of integration between religious knowledge and general knowledge as a practical solution to the challenges of modernity and globalization that can produce a responsible generation and be able to make a positive contribution to national development and human civilization in general. The uniqueness of the study lies in the emphasis on the application of Azyumardi Azra's concept in developing an adaptive, innovative, and relevant curriculum so that it can become a strategic model in future Islamic education that is oriented towards sustainability and competitive advantage.
Copyrights © 2025