Kurikulum memegang peranan penting dalam menentukan arah dan mutu pendidikan, inovasi dalam kurikulum sangat diperlukan untuk menghadapi tantangan global yang terus berrkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan inovasi model pembelajaran dalam kurikulum merdeka di kelas 3 SDIT yang berada di daerah Cirebon. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan wawancara dengan satu guru sebagai narasumber untuk menggali pengalaman dan pandangan mengenai inovasi model pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa kurikulum Merdeka memberikan kebebasan kepada siswa untuk belajar sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka, serta mendorong peran guru sebagai fasilitator. Model pembelajaran inovatif seperti project – based learning (PBL) dan pendekatan kooperatif terbukti meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan hasil belajar siswa. meskipun terdapat tantangan dalam menciptakan pembelajaran yang sepenuhnya aktif dan interaktif, dukungan dari pihak sekolah dan interaksi positif antara guru dan siswa dapat membantu mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa inovasi dalam model pembelajaran merupakan faktor kunci dalam keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka, yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan di masa depan dengan keterampilan abad ke-21.
Copyrights © 2025