GIAT: Teknologi untuk Masyarakat
Vol. 4 No. 1 (2025): Mei 2025

Transformasi Digital: Edukasi Pemasaran Online Sebagai Peningkatan Daya Saing UMKM Desa Sidomulyo

Syarofi, Muhammad (Unknown)
Handayani, Vina Lili (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Hadirnya Masyarakat Ekonomi ASEAN dan Revolusi Industri 4.0 telah mengubah dinamika bisnis dan pemasaran, sehingga diperlukan strategi untuk membantu UMKM tetap kompetitif di era digital. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pelaku UMKM di Desa Sidomulyo, baik dalam aspek personal maupun kapasitas usaha. Fokus utama program ini adalah pengembangan usaha berbasis potensi lokal melalui pemasaran digital. Metode yang digunakan adalah ECA-EVARED (Exploration, Create and Action, Evaluation, dan Report and Dissemination) yang mencakup pengumpulan data awal melalui wawancara dan observasi, pelatihan pemasaran daring, serta pendampingan usaha. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa pelaku UMKM di Desa Sidomulyo mengalami perluasan jangkauan pemasaran, peningkatan pendapatan, serta peningkatan kreativitas dalam memanfaatkan digital marketplace untuk promosi dan penjualan. Kontribusi dari program ini adalah memberikan solusi konkret bagi UMKM dalam menghadapi tantangan pemasaran di era digital, serta mendukung pertumbuhan ekonomi lokal melalui peningkatan daya saing usaha kecil

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

giat

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering Social Sciences Other

Description

GIAT: Teknologi untuk Masyarakat is journal in the scope of Information Systems, Technology, and Community services. GIAT : Teknologi untuk Masyarakat is published by Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta. GIAT : Teknologi untuk Masyarakat publishes 2 series within a year, ...