Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak Pemasaran Media Sosial (SMM) terhadap pilihan pembelian produk Bank Syariah Indonesia di kalangan mahasiswa yang terdaftar dalam program perbankan Islam di UINSU. Metodologi yang digunakan adalah kuantitatif dan melibatkan pengumpulan data melalui survei yang diberikan kepada 91 mahasiswa yang secara teratur menggunakan produk Bank Syariah Indonesia di media sosial. Investigasi menunjukkan bahwa pemasaran media sosial secara signifikan memengaruhi pilihan pembelian, ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,728. Ini menandakan bahwa pemasaran media sosial dapat menjelaskan 72,8% dari variasi dalam pilihan pembelian. Uji-t, dengan tingkat signifikansi 0,000, menghasilkan nilai t terhitung sebesar 15,416, di atas nilai t tabulasi sebesar 1,66216. Hasilnya menunjukkan bahwa elemen yang terkait dengan pemasaran media sosial, termasuk hiburan, keterlibatan, analisis tren, personalisasi, dan promosi dari mulut ke mulut, dapat memengaruhi minat konsumen terhadap barang Bank Syariah Indonesia dan pilihan pembelian mereka. Implikasi praktis dari temuan ini adalah pentingnya mengembangkan konten yang bersifat interaktif, personal, dan terkini, guna meningkatkan kepercayaan serta mendorong tindakan konsumen. Bank juga diharapkan memperkuat elemen entertainment, customization, dan word of mouth di platform media sosial untuk membangun loyalitas dan memperluas jangkauan pasar.
Copyrights © 2025