Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi
Vol. 8 No. 3 (2025): May - July

Pengaruh Akuntabilitas, Pemahaman Akuntansi dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Efektivitas Pengelolaan Keuangan Pada Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Ponorogo

Selianawati, Fardiatul (Unknown)
Ulfah, Ika Farida (Unknown)
Wijayanti, Iin (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana akuntabilitas, pemahaman akuntansi, dan kompetensi sumber daya manusia berperan dalam meningkatkan efektivitas pengelolaan keuangan di Sekolah Dasar Negeri yang berada di wilayah Kabupaten Ponorogo. Dalam pengelolaan dana pendidikan, faktor-faktor tersebut dinilai krusial untuk menjamin efisiensi dan akuntabilitas penggunaan dana, khususnya Dana BOS yang berasal dari APBN. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner kepada para bendahara serta kepala sekolah di sejumlah Sekolah Dasar Negeri yang dipilih secara purposive. Analisis data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, baik secara parsial maupun simultan, akuntabilitas serta kompetensi sumber daya manusia memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap efektivitas pengelolaan keuangan. Sementara itu, variabel pemahaman akuntansi tidak menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap efektivitas pengelolaan keuangan dalam konteks lingkungan sekolah. Temuan ini memperkuat pentingnya peningkatan kompetensi SDM di bidang akuntansi serta penerapan prinsip akuntabilitas dalam setiap proses pengelolaan keuangan pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PARADOKS

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal ini memuat tulisan ilmiah dalam bentuk hasil penelitian, kajian teori dan aplikasi teori, gagasan konseptual, resensi buku baru dan bibliografi. Tulisan-tulisan yang dimuat telah melalui proses penyuntingan seperlunya oleh penerbit dengan tanpa mengubah substansi sesuai naskah aslinya. ...