Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-learning berbasis Moodle yang digunakan dalam pembelajaran menulis puisi di SMKN 1 Loksado. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat dan kemampuan siswa dalam menulis puisi, serta keterbatasan media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Moodle ini sangat layak digunakan, dengan skor kelayakan masing-masing sebesar 91% dan 88%. Uji coba terbatas pada siswa kelas XI menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis puisi yang signifikan, dari nilai rata-rata pre-test 68,2 menjadi 85,4 pada post-test. Respon siswa terhadap media juga sangat positif, terutama pada aspek kemudahan penggunaan, tampilan, dan fitur interaktif seperti forum diskusi dan unggah tugas. Dengan demikian, media pembelajaran e-learning berbasis Moodle dinyatakan efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran menulis puisi dan dapat dijadikan alternatif pembelajaran inovatif di SMK.
Copyrights © 2025