Jurnal Riset Multidisiplin Edukasi
Vol. 2 No. 6 (2025): Jurnal Resit Multidisiplin Edukasi (Edisi Juni 2025)

PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA SMART BOX TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF IPAS  PESERTA DIDIK DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Syifa Annisa (Unknown)
Dadang Iskandar (Unknown)
Nurul Fazriyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project based learning berbantuan media Smart Box terhadap kemampuan berpikir kreatif IPAS Peserta Didik di Kelas V di Sekolah Dasar.  Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian yaitu quasi experimental design. Teknik pengumpulan data melalui Pretest dan Posttest. Sampel dalam penelitian yang digunakan adalah kelas V. Penelitian dilakukan karena kemampuan berpikir kreatif IPAS peserta didik masih rendah. Peneliti menggunakan uji Independent Sample T-test untuk melihat pengaruhnya. Hasil uji Independent Sample T-test yaitu 0.002 < 0.05 dan hasil pada uji effect size memperoleh nilai sebesar 1.13 yang berkategori besar, artinya terdapat pengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif IPAS peserta didik, sesuai dengan pengambilan keputusan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga, terdapat pengaruh yang signifikan dan berpengaruh besar terhadap model Project based learning Berbantuan Media Smart Box Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif IPAS Peserta Didik di kelas V Sekolah Dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurmie

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Riset Multidisiplin Edukasi adalah jurnal peer-review yang bertujuan untuk memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan ide-ide inovatif di antara para peneliti, akademisi, dan praktisi dari berbagai disiplin ilmu. Kami menerima kontribusi ilmiah dalam bentuk artikel penelitian, tinjauan pustaka, ...