Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep IPA melalui model pembelajaran Team GamesTournament (TGT) berbantuan aplikasi Baamboozle dalam pembelajaran IPAS. Penelitian dilaksanakan menggunakan pendekatan kuantitatif metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 188 Bandung Baru Kota Bandung, karena pemahaman konsep IPA peserta didik yang masih rendah, hasil ulangan harian mayoritas peserta didik dibawah KKTP. Penelitian ini menggunakan uji deskriptif, uji normalitas, homogenitas dan hipotesis untuk mengetahui perbedaan rata-rata nilai peserta didik dan uji effect size dalam mengukur pengaruh penggunaan model TGT berbantuan aplikasi Baamboozle terhadap pemahaman konsep IPA. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat nilai rata-rata kelas eksperimen 82,31 > rata rata kelas kontrol 66,00 dengan besar perbedaan 16,31%. Selain itu, pengaruh model pembelajaran TGT berbantuan aplikasi Baamboozle terhadap kemampuan pemahaman konsep IPA yaitu sebesar 2.16 berkategori sangat besar. Berdasarkan hasil tersebut, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament berbantuan aplikasi Baamboozle berpengaruh pada pemahaman konsep IPA dan dapat dijadikan salah satu model serta media pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar.
Copyrights © 2025