Museum Ranggawarsita merupakan museum yang ada di Kota Semarang dan mempunyai beraneka macam peninggalan didalamnya. Museum Ranggawarsita kini mempunyai inovasi baru dalam hal pembelian tiket, yaitu perilisan aplikasi reservasi online. namun perilisan aplikasi online ini masih belum dibarengi dengan media promosi yang dilakukan. Oleh karena itu, perancangan ini dibuat dengan tujuan memperkenalkan dan memromosikan aplikasi reservasi online Museum Ranggawarsita kepada masyarakat luas. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dan metode analisis SOAR sebagai metode pengolahan data untuk menemukan konsep kreatif dalam proses perancangan. Adapun beberapa media pendukung yang digunakan seperti billboard, poster, dan feed instagram untuk membantu promosi pada media utama. Perancangan ini diharapkan membuat aplikasi reservasi online Museum Ranggawarsita semakin dikenal luas oleh masyarakat, dan menarik minat masyarakat untuk berkunjung.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025