Jurnal Citrakara
Vol. 7 No. 2 (2025): JULI 2025

Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Berbasis Motion Graphic Tentang Pencegahan Fomo ( Fear Of Missing Out ) Bagi Remaja Di Semarang

Alfianto, Hafiz (Unknown)
Akrom, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2025

Abstract

Fomo ( Fear of Missing Out ) adalah perasaan cemas yang muncul ketika ada sesuatu yang menarik dan menyenangkan sedang berlangsung yang sering kali dipicu oleh postingan di media sosial. Taman Bintang Indonesia Semarang merupakan lembaga terapi psikologi anak dan dewasa membantu mengatasi masalah psikologis. Kasus fomo yang terjadi pada mahasiswa remaja mayoritas berasal dari sosial media seperti Instagram, tiktok dan twitter. Perancangan ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan metode analisis menggunkan Framing dari Robert N Entman. Serta metode perancangan dari tahap Pra produksi, Produksi, Pasca Produksi. Dari analisis permasalahan tersebut Taman Bintang Indoneisa membutuhkan media iklan layanan Masyarakat yang berguna bagi mahasiswa khususnya di Semarang melalui media utama yaitu Instagram dan Tiktok serta media pendukung seperti merchandise guna untuk mencegah fomo pada remaja.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

citrakara

Publisher

Subject

Arts

Description

Jurnal Citrakara adalah media publikasi mahasiswa program studi Desain Komunikasi Visual Universitas Dian Nuswantoro yang menyuarakan hasil pemikiran yang berupa perancangan atau pengkajian di bidang advertising, desain grafis, fotografi, audio visual, multimedia, animasi, dan game design. Jurnal ...