Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman
Vol 11, No 1 (2025): June

Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi: Solusi Mengurangi Kebiasaan Membolos di Kalangan Pelajar

Tarigan, Elda Dita Felysa Br (Unknown)
AR, Silvia (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Truancy behavior is a form of student indiscipline that can hurt learning achievement and academic future. The purpose of this study was to determine how the application of group guidance services using discussion techniques to overcome students' truant behavior at Srijaya Negara High School, Palembang. This study used an experimental method with a one-group pretest-posttest design, involving 9 (nine) students of class XI.6 as samples. Then selected using a purposive sampling technique. Data collection was carried out through the administration of a pretest and a posttest, which underwent validity and reliability tests. Data analysis was carried out using a paired sample t-test to determine the difference in students' skipping behavior before and after getting group guidance services with discussion techniques. The results of the hypothesis test indicated that the p-value was obtained as <0.001, which means it is smaller than 0.05. The pretest results showed that the average score before being given treatment was 533, while after being given treatment, it became an average of 433. The findings of this study indicate a decrease in truant behavior in students after attending group guidance services with discussion techniques. Future research is recommended to involve a larger sample size and reach different school settings so that the results are more general and can be compared more broadly. ___________________________________________________________________Perilaku membolos merupakan salah satu bentuk ketidakdisiplinan siswa yang dapat berdampak negatif terhadap prestasi belajar dan masa depan akademiknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik diskusi untuk mengatasi perilaku membolos siswa di SMA Srijaya Negara Palembang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest - posttest design, dengan melibatkan 9 (sembilan) orang siswa kelas XI.6 sebagai sampel. Kemudian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian pretest dan posttest yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan paired sample t-test untuk mengetahui perbedaan perilaku membolos siswa sebelum dan sesudah mendapatkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi. Hasil uji hipotesis menyatakan diperoleh nilai sig < 0,001 yang berarti lebih kecil dari 0,05. Hasil pretest menunjukkan bahwa skor rata-rata sebelum diberikan perlakuan adalah 533, sedangkan setelah diberikan perlakuan menjadi rata-rata 433. Temuan penelitian ini menunjukkan adanya penurunan perilaku membolos pada siswa setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi. Penelitian selanjutnya disarankan untuk melibatkan jumlah sampel yang lebih besar serta menjangkau latar sekolah yang berbeda agar hasilnya lebih general dan dapat dibandingkan secara lebih luas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

BKA

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin. Jurnal ini terbit sebanyak dua kali setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini menerbitkan penelitian dan artikel ...