Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji asesmen autentik dalam melakukan penilaian pembelajaran pengenalan lingkungan alam pada anak usia dini. Melalui asesmen autentik pengalaman anak dalam konteks dunia nyata dapat direalisasikan dalam pembelajaran pengenalan lingkungan alam. Metode kualitatif dengan pendekatakan deskriptif kualitatif yang mengikuti alur induktif, dimulai dengan proses atau peristiwa penjelas yang akhirnya dapat ditarik suatu kesimpulan dari proses atau peristiwa tersebut. Penelitian ini dilakukan di Raudhatul Athfal Diponegoro 5 Pandansari Ajibarang, Banyumas. Hasilnya menunjukkan bahwa penilaian autentik dapat berarti dan sekaligus menjamin objektivitas, nyata, benar-benar hasil tampilan peserta didik, akurat, dan bermakna. Penggunaan model peneilaian autentik dalam kerja pengukuran hasil pembelajaran pengenalan lingkungan alam dapat menjamin keadaan dan informasi yang sebenarnya tentang anak. Skor atau nilai yang diperoleh oleh seorang anak sekaligus menunjukkan kompetensi yang sebenarnyaDengan ini, peneliti dapat mengetahui secara nyata dan fakta yang sebenarnya mengenai pelaksanaan asesmen autentik di RA di atas. Data yang ditemukan di lapangan adalah pemahaman, prestasi, metode pembelajaran, dan penilaian yang menggunakan asesmen autentik dalam pembelajaran pengenalan lingkungan alam. Singkatnya, guru banyak melakukan penilaian berdasarkan hasil pemahaman anak.
Copyrights © 2025